Home » , » Komponen yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli Laptop

Komponen yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli Laptop

Hal hal yang perlu anda perhatikan dan Teliti ketika mau membeli Laptop/notebook | Agar anda tidak keliru dalam memilih Laptop yang akan dibeli, hendaknya anda perlu perhatikan hal hal yang berkaitan dengan komponen atau Hardware yang terpasang, baik dari merk Hardware maupun Spesifikasinya. Komponen dan Pirepheral yang ada pada Laptop tidak terlalu berbeda dengan komponen yang ada pada Komputer atau PC, Fungsi Komponenya sama akan tetapi  yang membedakan hanyalah bentuk fisik, Spek dan jenis hardware untuk PC dan Laptop tersebut.

Komponenkomponen yang ada pada Laptopdan notebook

Jika anda ingin mendapatkan Laptop yang tepat dan cocok, Maka Yang pertama untuk dijawab adalah untuk keperluan apa Anda membeli laptop? hanya untuk mengetik, untu mendengar musik, untuk programming, apa untuk main game dan disain grafik? Tentunya sayang jika membeli laptop dengan spek yg tinggi kalau hanya di operasikan untuk mengetik, mendengar musik, atau hanya untuk menonton film.

Berikut Spek yang saya sarankan ketika anda hendak Membeli Laptop sesuai Kebutuhan.

1. CPU, Processor
Jika Anda mempunyai Budget(Anggaran) dana yg pas2an dan hanya butuh Mengoperasikan laptop hanya untuk mendengarkan musik, Nonton film, dan mengetik. sebaiknya anda menggunakan processor yg kecepatannya biasa biasa saja, Pentium 4, P4 Centrino cocok utk keperluan itu. Jika menggunakan Dual Core, tentu akan mubazir kecuali memang dana anda berlebih.Lain halnya  Bila kebutuhannya untuk main game, apalagi Game berat dan buat keperluan desain grafik maka kecepatan processor tentu harus sangat mendukung. yang tentunya menggunakan Processor dengan spek tinggi sangat dibutuhkan pada Aktifitas ini.

2. Operating System
Tentunya pertimbangan membeli laptop yang langsung built in OS (operating sistemnya sudah terinstal) sangat disarankan, karena kalau beli secara terpisah akan lebih mahal. Jika keperluan hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik (jika Windows) cukup dengan Windows XP Home Edition atau Vista Home. Tapi jika keperluannya untuk bisnis, para desainer lebih disarankan menggunakan Windows XP Professional. Seperti Laptop/Notebook buatan Apple Macintosh yang memang sangat disarankan untuk para desainer Beneran.

3. Graphic Card (Kartu Grafis) / Video card
jika keperluan untuk Design Grafis dan bermain GAME, Anda harus memilih laptop/notebook yang mempunya Graphic card(Video card) dengan Spesikasi Tinggi, entah itu merk seperti NVIDIA maupun ATI RADEON dll. yang penting memenuhi syarat untuk menyanggupi aktifitas anda terkait sang GAMER ataupun Designer. satu lagi Alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan jenis Graphic card yang DEDICATED bukan yang SHARE. Sebab kualitas Grpahic yang dedicated akan menghasilkan gambar yg halus dan detail. Keuntungan lain yg dedicated adalah bisa diupgrade ke kapasitas atau Spek Grahic card yg lebih tinggi. lain dengan Graphic card yang share tidak dapat diupgrade.

4. Hard Disk(HDD)
Gambar Hardsik Laptop

Pilih laptop/notebook dengan kapasitas HDD yang sesuai kebutuhan anda, Pilih HDD yang mpy kapasitas besar jika bagi anda yang memang Membutuhkan Ruang untuk menyimpan Data yang cukup Banyak.
PC mempunyai keunggulan, yaitu bisa menambah kapasitas HDD dengan cara menambahkan unit HDD Langsung, tanpa membuang/mengganti HDD yg lama, tapi berbeda dengan laptop yang harus menggantinya jika ingin upgrade ke Kapasitas HDD yang lebih besar. karena memang belum disedikan Drive bays atau Slot untuk HDD tambahan pada Laptop dan notebook. jadi pertimbangkan dengan matang tentang memilih kapasitas hard disk yang akan anda gunakan.

5. RAM(Memory)
Gambar RAM atau Memory Laptop 

Berhubung Memory atau RAM sangat menunjang terhadap kecepatan akses sebuah laptop maupun PC maka perlu juga diperhatikan. Pilih laptop yg mempunyai RAM yg tinggi jika Laptop anda beri tugas untuk bekerja ekstrim setiap hari, seperti mendesain dan bermain Game, apalagi non-stop. Untuk saat ini mayoritas sebuah laptop/notebook memiliki RAM 2 GB, tapi kapasitas 1GB kebawah juga masih ada yang meggunakan.
Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah slot (tempat RAM ditancapkan). Pilihlah laptop yg mempunyai slot memory yg lebih dari satu, karena jika yang tersedia hanya satu slot, maka ketika anda mau menambahkan kapasitas berupa Unit RAM lagi, maka tidak akan membuang RAM yg sebelumnya. lain halnya jika masih ada slot lain yang kosong maka kita tinggal menambahkannya saja.

6.Ukuran layar(LCD)

Gambar LCD Laptop
Tak perlu memilih layar terlalu besar jika penggunaan laptop bukan untuk disain grafis. Pertimbangkan kepraktisan ukuran layar LCD, sebab semakin besar layar laptop maka berat, yang tentunya ukuran laptop akan semakin besar pula. Maksimum (saran rekomendasi) layar yg boleh dipilih adalah 15″. Pilih layar yang sudah glossy (sperti cermin) sebab model dan tipe ini dapat melihat dan menjangkau tampilan windows dari segala sudut.

7. Baterai/battery
Pertimbangkan jumlah cell baterai yg akan kita beli sebab semakin banyak jumlah cell baterai maka akan semakin lama baterai memberi konsumsi daya kepada laptop kita.

Jika kita ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, tentu hal tersebut butuh suatu usaha, jadi Usahakan anda Teliti ketika mempertimbangkan mana komponen/hardware yang memang harus terpasang di laptop/notebook anda.
Semoga Bermanfaat - Terima kasih.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Fanatik Global
Yuk, Berlangganan Via email
Anda baru saja membaca artikel yang Berjudul : Komponen yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli Laptop » Silahkan bookmark jika Artikel ini bermanfaat, atau copy Artikel ini dengan menyertakan link berikut.




23 Responses

KangFarhan delete 28 Februari 2013 pukul 06.00

mantep mas...memang itu komponen yg paling standar jadi patokan

Muhammad Luqman delete 28 Februari 2013 pukul 08.15

walah,, masih belum kepikiran beli laptop baru nih ..
btw niche info ..

C delete 28 Februari 2013 pukul 22.02

Thanks nih tipsnya


http://christiandwiwijaya.blogspot.com/

Hack4rt delete 1 Maret 2013 pukul 19.44

ummm... ane jadi pengen beli laptop gan, ane belom punya laptop hehe -___-

Bima A. delete 1 Maret 2013 pukul 20.21

:) blogwalking gan..
mampir balik : www.bmaster23.blogspot.com

Unknown delete 2 Maret 2013 pukul 19.55

celengin mas,,:)

Anonim delete 3 Maret 2013 pukul 08.38

okeoke gan tak lupa. . He

http://angkotnews.blogspot.com visit balik y gan

World-Borneo delete 3 Maret 2013 pukul 08.47

nice info nya gan...

Dhiyas kn delete 3 Maret 2013 pukul 20.03

Waw tipsnya sangat bermanfaat ntar d kalo ane dah punya duit. Pasti beli. Tq gan. Salam bloger.

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 12.48

iya mas, thanks udah sempet comment..

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 12.52

ya semoga Laptopnya selalu diberi kesehatan mas, agar gak beli yang baru..:)

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 12.53

sama sama mas..

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 12.53

pasti..

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 12.53

oke genk..

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 13.27

amin.... semoga berguna,

Unknown delete 4 Maret 2013 pukul 13.29

oke dah, semoga duitnya cepet muncul mungkin ada yang belum muncul..

Mkr Sticker delete 5 Maret 2013 pukul 13.54

wah trmksih banyak mas ilmu nya sangat bermanfaat sekali bagi kami mas bisa membantu buat aq. maaf mas kami pke alamat ini //selladrtrenunanjiwa.blogspot.com/

Stiker Jalingkut delete 5 Maret 2013 pukul 22.19

slmat mlm mas wah dpt ilmu lgi,ni trmksih'y mas

Unknown delete 6 Maret 2013 pukul 08.58

sip deh..

Unknown delete 6 Maret 2013 pukul 09.13

sama2 mas genk, semoga bermanfaat ya..

Ivan delete 7 Maret 2013 pukul 15.25

artikel yg sangat bermanfaat...
thanks

Unknown delete 7 Maret 2013 pukul 17.07

sma2, semoga bermanfaat ..

Motivator Indonesia delete 30 Mei 2013 pukul 15.10

Ilmu yang berguna nih mas, makasih ya mas, makasih banget :D

Komentar ya Sobat

Tak lengkap rasanya bila sobat mampir kemari tanpa meninggalkan Komentar terkait Artikel di atas, (No Spam). Dengan begitu saya akan mampir & comment balik untuk anda seorang Blogger. - Salam

Next Posts Previous Posts home