Home » , » Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate

Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate

Pengertian Unique Visitor,Visitor dan Pageview dan Bounce Rate - Apa itu Unique Visitor, Visitor dan Pageview? dan apa pengaruh terhadap Traffic suatu Blog? nah mari kita sama2 bahas.
Penyebab Rank Alexa Menurun
1. Unique Visitor
Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor adalah indikator pertama keberhasilan sebuah website, semakin tinggi pengunjung unique, semakin besar peluang website tercapai, dan efeknya pada ranking situs. efeknya juga bagus pada alexa rank, tapi belum tentu bagus pada google PR, karena google juga memperhitungkan kualitas visitor, sedangkan jumlah pengunjung bisa direkayasa dengan program traffic exchange (Auto dan Manual Surfing). Satu pengunjung yang berkunjung beberapa kali ke website kita hanya akan terhitung sekali saja.

2. Visitor
Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka website kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena nyasar, atau kebetulan. Berbeda dengan unique visitor, statistik ini menunjukkan jumlah seluruh kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang dilakukan. Setiap 1 Visitor pasti sudah ada 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 pengunjung tersebut tertarik dengan artikel-artikel yang ada di website kita, maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Maka buatlah sebuah website dengan artikel-artikel yang semenarik mungkin, agar setiap penunjung tidak hanya singgah sesaat, melainkan singgah sambil jalan-jalan di halaman artikel lain dari blog anda.

3. Pageview
Pageview adalah halaman yang sedang dilihat oleh Visitor. Seperti pengertian di atas, 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 postingan /artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan bertambah 5, tetapi jumlah Visitor masih tetap 1. Jadi, semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan website anda mendapatkan Pageview yang banyak.

4. Bounce rate
Bounce rate adalah rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan page views (kunjungan tiap halaman) posting blog. Artinya antara jumlah kunjungan dibagi kunjungan tiap halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem perangkingan google atau pagerank yang biasanya update 3 bulan sekali.

Sebagai contoh jika Kunjungan atau visitor 50 perhari pageviews 75, rumus menghitungnya adalah 50/75 = 66,66%. Jadi bounce ratenya adalah 66,66%. Manakah yang lebih bagus bounce rate tinggi atau rendah? Jelas bagus yang rendah. Coba hitung lagi misalnya jika pageviews ditambah menjadi 200 = 25%. Apakah arti dari angka-angka tadi? Pengunjung 50 orang dengan bukaan halaman hanya 75 berarti seorang pengunjung membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan pengunjung 50 dengan pageviews 200 berarti rata-rata 1 pengunjung membuka 4 artikel. Sobat bisa membedakannya?
Semoga Bermanfaat Terima Kasih
sumber : Blogwalking
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Fanatik Global
Yuk, Berlangganan Via email
Anda baru saja membaca artikel yang Berjudul : Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate » Silahkan bookmark jika Artikel ini bermanfaat, atau copy Artikel ini dengan menyertakan link berikut.




10 Responses

Aldi Rahman delete 26 Desember 2013 pukul 07.13

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali ^_^

aldirahmanuntoro.blogspot.com

Anonim delete 7 Februari 2014 pukul 21.16

main2 gan ke http://abhyreinkarnasi.blogspot.com

Unknown delete 21 Mei 2014 pukul 20.49

oooooohhhhhhhhh begitu gan sekarang saya jadi tau kemarin kemari saya mudeg tidak tau sama sekali trimakasih gan
http://ciranjang-cianjur.blogspot.com/

Jasa Gypsum Jakarta delete 15 Juni 2014 pukul 17.04

Terimakasih penjelasan nya gan visitor page views ternyata beda beda toh

Unknown delete 30 September 2014 pukul 05.42

Terima kasih penjelasannya gan, ternyata pengunjung iu beda-bedaa yaa :)

Salam kenal :))

wiraswasta rumahan delete 5 Oktober 2014 pukul 11.53

makasih atas penjelasannya

Unknown delete 13 Oktober 2014 pukul 08.29

informasi yang bermanfaat thx ya sob..jadi jelas tentang perbedaannya..

medan youth entrepreneur delete 2 Mei 2015 pukul 01.35

Terimakasih atas masukannya, artikel ini sangat bermanfaat, oia.. saya ingin bertanya, kalau inodes itu apa ya? Knapa inodesmerah, tidak bisa ngepost lagi, tks atas jawabannya

Unique Visitor delete 19 Mei 2015 pukul 14.56

Ternyata visitor dan uniqu visitor itu berbeda ya, kira-kira visitor itu dalam jangka waktu berapa lama supaya bisa dihitung unique visitor?

Maya Siswadi delete 6 Juni 2015 pukul 01.13

Akhirnya, baru paham makna angka2 statistik itu, terima kasih yaa tulisannya

Komentar ya Sobat

Tak lengkap rasanya bila sobat mampir kemari tanpa meninggalkan Komentar terkait Artikel di atas, (No Spam). Dengan begitu saya akan mampir & comment balik untuk anda seorang Blogger. - Salam

Next Posts Previous Posts home